Memulai menggunakan SPSS

Memulai menggunakan SPSS


Kawan pingin sharing saja tidak bermaksud menggurui lho yaa,
Pada lagi penelitian atau lagi nyusun skripsi kah? Terus olah datanya pake SPSS, tapi belum tahu SPSS itu apaan yaa,... hehehe,
Kita cek dulu ya,. Apa sii sebenernya  SPSS itu,.
Klo dari singkatan nya Statistical Products and Solution Services,  sebenernya SPSS Inc. sendiri berkedudukan di Chicago, USA.

Klo di Indonesia, SPSS mempunyai distributor yaitu PT Survey Prima Solusi Statindo (PT SPSStatindo). PT ini didirikan pada tanggal 16 Juni 2000 dan menjadi perwakilan tunggal dan distributor resmi software statistik dan data mining serta jasa konsultasi dan training untuk seluruh produk SPSS dan Clementine dari SPSS Inc. di wilayah Indonesia. (sumber : http://www.spss.co.id )

Kenalan sama SPSS dulu yuk,. Katanya siii Gak kenal Gak Sayang,.. hohohoho


1. Membuka SPSS, klik pada ‘SPSS 16.0’




2. Lalu ikutilah langkah berikut ini agar lembar baru SPSS terbuka

3. Lembar SPSS terdapat beberapa tools diantaranya adalah ‘File, Edit, View, Data, Transform, Analyze, Graphs, Utilities, Add-ons, Window, dan Help’. Tools yang nantinya sering kita gunakan untuk mengolah data adalah ‘Analyze’


4.   Lembar SPSS akan terlihat seperti berikut ini

Pada lembar utama SPSS akan terlihat di pojok kiri bawah ‘Data View’ dan ‘Variable View’. Fungsi dari kedua tools ini berbeda yaitu jika ‘Data view’ untuk mengisikan data yang nantiya kita isi dengan angka-angka/data yang akan kita proses, sedangkan ‘Variable view’ berfungsi untuk mengisi nama variable yang akan kita proses.

5. Penamaan variable pada ‘Variable view’ kurang lebih seperti di bawah ini. Sebelumnya klik ‘Variable view’ agar lembar pengisian nama muncul. Ketikkan nama variable kita pada kolom ‘Name’ seperti variable X1, X2, X3, .........dan Variable Y


6. Untuk kolom ‘Values’ berisi nama dari sub nama, sebagai contoh pada nama di kolom ‘Name’ kita isikan Jenis kelamin, maka kolom ‘Value’ berisi ‘Jenis kelamin’ nya apa saja. Nantinya penamaan ini berfungsi pada saat hasil output data ditampilkan, masing-masing variable akan mempunyai nama, bukan code dari SPSS nya saja.

Contoh: Untuk jenis kelamin laki-laki kita kasih kode 1, dan untuk jenis kelamin wanita kita kasih kode 2, maka pada kotak ‘Value’ kita isi dengan angka 1, dan kotak ‘Label’ kita kasih penjelasan yaitu laki-laki. Jika kita ingin merubah subnama tersebut, maka blok subnama yang sudah jadi, lalu klik ‘Remove’ seperti terlihat pada gambar.


7. Kembalilah ke kolom ‘Data View’ untuk memulai mengetikkan data yang akan kita proses.
8. Selamat mencoba.






Semoga bermanfaat :)
Tiada kesempurnaan ilmu selain kesempurnaan Ilmu NYA,. kritik, masukan, saran saya terima dg senang hati demi terwujudnya bertambahnya bidang keilmuan.

Wassalamualaikum,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar